Fakultas Biologi IPB

Institut Pertanian Bogor memiliki banyak bidang studi unggul yang dapat dipilih calon mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Jurusan Biologi di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bidang studi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mempelajari tentang perkembangbiakan dan kehidupan hewan, tumbuhan, dan manusia. Akan ada banyak praktikum di lab untuk meneliti dan memahami berbagai hal seperti genetika, kultur jaringan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Bidang studi Biologi di IPB juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang nyaman dan modern seperti laboratorium penelitian, pertukaran informasi global, dan perpustakaan. Dengan adanya berbagai fasilitas tersebut, setiap mahasiswanya diharapkan mampu mengidentifikasi dan menjelaskan proses-proses keanekaragaman hayati dan makhluk hidup. Kamu juga akan mempelajari teknik dasar biologi dan bioteknologi untuk memanfaatkan dan mengembangkan biodiversitas organisme seperti contohnya menyediakan berbagai produk bibit jamur pangan dan obat, pupuk hayati, dan lain-lain.

Tingkat pendidikan jurusan Biologi di IPB ada 3 strata (S1, S2, dan S3). Hampir setiap tenaga pengajar pun mempunyai gelar Profesor Doktor, Doktor, atau Magister. Setelah lulus dari jurusan Biologi, kamu bisa bekerja sebagai peneliti, pengajar, ataupun pekerja di LIPI dan institusi lainnya. Bidang studi Biologi juga telah melakukan kerja sama untuk berbagai penelitian dengan banyak institut luar negeri, sebut saja Ibaraki University (Jepang), Nara Institute Science and Technology, NWO, Scientific Res. Organization, The Netherlands, Kyoto University, dll.