Sumatra Utara ternyata tidak hanya memiliki Danau Toba yang terkenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Sumut juga menyimpan banyak lokasi-lokasi wisata yang mempesona selain Danau Toba dan tentu patut untuk dijelajahi. Danau Linting adalah salah satu pesona wisata yang ada di Sumut. Danau ini terletak di tiga desa yakni Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deliserdang. Danau Linting dapat di tempuh dengan jarak sekitar 70 kilometer atau selama dua jam perjalanan dari Medan melalui Delitua dan Patumbak, Deli Serdang. Sepanjang jalan menuju Danau Linting, pemandangan sejuknya perkebunan kelapa sawit, karet dan kakao terhampar di kiri dan kanan jalan.

Danau Linting memiliki pesona yang indah walau Danau ini tidak seterkenal Danau Toba. Akan tetapi anda akan terpana dan terpesona  jika anda berkunjung ke Danau Linting. Di Danau Linting banyak wisatawan yang berkunjung mulai dari wisatawan lokal hingga manca negara, walaupun Danau Linting masih belum akrab di kalangan para wisatawan secara luas. Lokasi Danau Linting sangat dekat dengan danau Danau Toba. Anda bisa menuju ke  Danau Lintingdengan menaiki sepeda motor atau mobil akan tetapi anda harus hati-hati di karenakan akses jalan tidak sebagus ke danau Toba.

Danau Linting sebenarnya adalah danau vulkanik di karenakan air danau Linting mengandung belerang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit anda jika berendam. Nah jika anda ingin mandi di Danau Linting, sebaiknya anda berfikir banyak kali, di karenakan kedalaman Danau Linting masih belum bisa diukur oleh siapapun. Ditambah lagi Danau Linting memiliki kemisteriusan dan cerita mistis tentang Danau Linting. Akan tetapi selama anda memperhatikan etika dan aturan-aturan masyarakat sekitar tentunya tidak ada masalah. lagipula pesona keindahan alam Danau Linting begitu eksotis yang akan membuat kita sangat nyaman untuk berlamalama menikmati pesonanya.

Danau Linting masukdalam wilayah kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, yang lelebih tepanya di Kawasan desa Sibunga-bunga Hilir kecamatan Sinembah Tanjung Muda. Warna air Danau Linting sangatlah unik dan inda jika anda melihat dari satu sudut anda bisa melihat warna airnya yang begitu biru laut. Tapi dari sudut pandang lain dibeberapa tempat, anda bisa melihatnyamenjadi hijau. Air danau yang berwarna birukehijauan, serta masih dikelilingi pohon-pohon raksasa menambah pesona pemandangan di Danau Linting, dan ini merupakan tempat wisata yang pantas anda kunjungi.

Memang, danau ini belum sohor layaknya Danau Toba. Namun, keindahan alam Danau Linting layak untuk dinikmati para pencinta keindahan alam. Danau seluas sekitar satu hektar itu berwarna hijau toska, tapi ada juga yang bilang kalau danau itu berwarna biru kehijauan. Danau berair panas itu tidak berbau belerang. Namun, air Danau Linting jika dicicipi masih terasa belerangnya. Di tepian danau, terdapat pohon-pohon beringin yang besar dan kecil membuat sekitar danau terasa sejuk untuk berkumpul dengan keluarga. Danau ini berwarna hijau toska diduga karena kedalamannya yang cukup dalam. Hingga saat ini, kedalaman Danau Linting masih menyimpan misteri. Beberapa orang pedagang di sekitar Danau Linting menyatakan belum pernah ada data secara resmi kedalaman danau itu.

Selain kedalaman danau, cerita pembentukan danau ini juga masih simpang siur. Masyarakat setempat menyimpan cerita mistis yang beredar dari mulut ke mulut. Danau vulkanik ini diceritakan dahulu hanya berupa gundukan bukit yang kemudian dalam waktu sekejap bergetar hebat dan terjadi ledakan sehingga membuat cekungan yang berisi air. Terbentuklah Danau Linting. Baru sekitar dua tahun terakhir Danau Linting dikunjungi oleh wisatawan. Sebelumnya penduduk setempat tidak berani berenang di danau ini. Mereka tidak berani untuk mendekati kawasan danau. Hingga saat ini belum ada referensi ilmiah yang meneliti tentang pembentukan danau ini. Danau linting merupakan salah satu objek wisata yang ada di Medan.