Medan merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera, ada banyak sekali objek wisata di medan selain yang sering kita dengar seperti danau toba, berastagi dan gundaling ternyata medan juga mempunyai sebuah objek wisata alam yang bernama pantai biru atau pantai sibiru-biru. Pantai biru merupakan sebuah tempat objek wisata yang ada di medan, sumatera utara. Sebenarnya Pantai biru atau dikenal dengan Pantai sibiru- biru ini hanyalah sebuah sungai namun masyarakat di medan biasanya sungai yang lebar disebut pantai. Pantai biru atau Pantai sibiru- biru ini beralamatkan di Jln. Sibiru- biru Kab. Deli Serdang Kec. Sibiru- biru Sumatera Utara tempat ini sangatlah pantas bagi anda pecinta wisata alam.

Pantai biru sendiri memiliki air yang sangat jernih karena kita masih bisa memandang indahnya didalam air sungai ini. Jika Anda, para pecinta wisata alam, hendak menikmati tempat-tempat pariwisata di Medan, khususnya yang berbau alam, maka Pantai Biru Medan adalah salah satu tempat yang tepat untuk dijadikan pilihan. Pantai biru ini dikenal juga dengan nama pantai sibiru-biru. Sebenarnya pantai ini bukan benar-benar seperti pantai melainkan sungai yang cukup lebar. Orang medan memang memiliki kebiasaan menyebut pantai yang lebar dengan sebutan pantai. Untuk menikmati keindahan pantai biru ini Anda bisa menuju jalan Sibiru- biru di Kab. Deli Serdang Kec. Sibiru- biru Sumatera Utara.

Hanya ada satu angkot yang melewati pantai biru ini yakni angkot KPUM D95. Jika Anda berada di Padang Bulan Medan, Anda bisa langsung menaiki angkot ini. Namun, jika Anda berada di terminal amplas Medan, Anda perlu menaiki angkot HIKMA yang berwarna putih terlebih dahulu lalu transit ke angkot KPUM D95. Air di sungai pantai biru ini sangatlah jernih hingga Anda bisa melihat isi dalam sungai ini. Pada hari libur, biasanya pantai biru ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing. Selain wisata alam, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner di pantai biru ini karena banyak rumah makan dan juga restoran di sekitar pinggir sungainya. Objek wisata Pemandian Pantai Biru ini terletak di Desa Pamah Tambunan berjarak sekitar 8 km dari ibukota Kecamatan Salapian atau berjarak sekitar 50 km dari kota Binjai.

Pemandian ini disebut dengan Pemandian Pantai Biru karena aliran sungai yang jernih dan sejuk serta berwarna kebiru-biruan yang membuat bebatuan yang ada di dasar sungai tampak jelas terlihat. Pemandian pantai biru ini sangat ramai dikunjungi terutama saat libur sekolah sebagai tempat rekreasi dengan hawa pengunungan. Lokasi ini juga cocok untuk dijadikan tempat berkemah khususnya bagi para remaja. Selain kesejukan airnya, disekitar pemandian alam ini terdapat sebuah gua yang oleh masyarakat setempat disebut dengan gua “alam liang”. Gua ini sering dimasuki oleh para pengunjung karena tidak berbahaya dan juga dijadikan sebagai tempat berteduh diwaktu hujan. Pemandangan disekitar objek wisata di Medan ini masih alami, dimana kita juga bisa melihat sarang lebah bergantungan ditebing sungai yang diakui oleh masyarakat setempat tidak pernah kosong sejak 50 tahun yang lalu, bahkan disaat banyak bisa mencapai lebih dari 10 sarang lebah.