Pusuk Buhit, siapa tak mengenal objek wisata yang satu ini ? Pusuk Buhit merupakan sebuah gunung yang berdiri di Pulau Samosir dan merupakan gunung yang sangat disakralkan oleh etnis Batak. Ya, ragam cerita sejarah tentang etnis Batak dapat kita temukan di gunung ini karena gunung ini diyakini etnis Batak sebagai tempat lahirnya nenek moyang etnis Batak yang disebut Siraja Batak dan di Pulau Samosir inilah pertama kalinya Siraja Batak membangun pemukiman. Cerita tersebut dapat dibuktikan dengan beberapa situs-situs bersejarah peninggalan Siraja Batak dan generasi-generasi terdahulu bahkan beberapa diantara situs-situs tersebut pun hingga saat ini masih tetap digunakan oleh masyarakat untuk melaksanakan upacara adat.

Tak hanya itu, Gunung Pusuk Buhit ini pun tidak hanya di dominasi oleh objek wisata sejarah saja sebab di sekitar gunung ini juga terdapat beberapa objek wisata alam seperti perbukitan yang menjulang dengan hijaunya serta beberapa objek wisata alam lainnya yang harus Anda kunjungi ketika berada di sekitar gunung ini. Salah satu objek wisata alam yang terdapat di Gunung Pusuk Buhit adalah pemandian air panas Aek Rangat. Tentunya bagi Anda yang pernah menjelajahi Gunung Pusuk Buhit, nama objek wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi sebab objek wisata ini telah populer di kalangan wisatawan dan menjadi objek wisata yang harus dikunjungi apabila berada di Gunung Pusuk Buhit.

Aek Rangat adalah sebuah kawasan pemandian air panas yang terdapat di lereng Gunung Pusuk Buhit. Aek Rangat ini letaknya di Pangururan, yang merupakan salah satu daerah dataran tinggi di Pulau Samosir yang beriklim sejuk. Sehingga apabila Anda berada di sekitar daerah ini, maka suasana sejuk dan bentang alam yang masih sangat alami akan memanjakan mata Anda, bahkan di daerah ini pun Anda dapat melihat eksotika kawasan perkampungan etnis Batak yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya.

Berbicara tentang Aek Rangat, tentunya di tengah udara dataran tinggi Pulau Samosir yang sejuk, pemandian air panas memang sangat cocok menjadi pilihan tempat untuk beristirahat dan merilekskan tubuh sejenak. Terutama bagi Anda yang baru saja melakukan perjalanan jauh untuk menuju ke Pulau Samosir. Di Aek Rangat, Anda dapat beristirahat sejenak sembari menikmati panorama alam Gunung Pusuk Buhit yang terbentang tepat di depan mata Anda beserta puncaknya yang kadang kala di tutupi oleh awan. Pemandian Air Panas Aek Rangat ini berasal dari aliran kawah Gunung Pusuk Buhit yang mengandung zat belerang, sehingga pemandian air panas ini diyakini cocok untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit serta memberikan sensasi yang rileks, karena zat belerang (sulfur) yang terkandung di dalamnya dapat memberikan unsur antioksidan khasiat yang baik bagi kulit.

Ya, di pemandian Aek Rangat ini terdapat beberapa kolam pemandian yang diisi oleh air panas mengandung zat belerang. Kolam pemandian tersebut pun terbagi antara 3 bagian dan masing-masing letaknya terpisah, seperti kolam pemandian yang dikhususkan untuk Pria, kolam pemandian yang dikhususkan wanita, hingga kolam pemandian yang dikhususkan untuk wisatawan asing. Kolam-kolam tersebut jumlahnya cukup banyak hingga terbagi lagi dalam beberapa ukuran. Dan di setiap bagian kolam-kolam tersebut selalu terdapat kamar mandi yang digunakan untuk membersihkan tubuh setelah berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang. Anda dapat berendam sepuasnya di kolam-kolam tersebut hingga rasa lelah yang menghampiri Anda hilang.

Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin berjalan menelusuri perbukitan di sekitar Gunung Pusuk Buhit, Anda pun dapat melihat aliran air belerang yang turun langsung dari Gunung Pusuk Buhit, biasanya aliran tersebut ditandai dengan bebatuan kapur berwarna putih dan sangat halus, bahkan bebatuan yang dialiri oleh aliran air belerang tersebut pun temperaturnya juga sangat panas. Sehingga tak jarang kadang kala terlihat uap-uap berbau belerang di sekitar bebatuan tersebut.

Ketika Anda berjalan di sekitar lokasi ini, Anda pun juga akan disuguhkan panorama perairan Danau Toba yang membentang dengan indah di depan mata Anda dengan bukit-bukit yang mengelilinginya, bahkan dari kejauhan juga terlihat kapal-kapal yang sedang melintas di sekitar Danau Toba. Selain itu, sebahagian bangunan yang terdapat di Pulau Samosir juga terlihat jelas dengan jelas. Bagi Anda yang tidak membawa makanan, jangan khawatir karena Di sekitar lokasi Pemandian Air Panas Aek Rangat ini pun juga terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai menu makanan khas Sumatera Utara ataupun menu-menu lainnya seperti ikan mas yang dimasak dengan cara asik hingga mie gomak yang merupakan makanan khas Sumatera Utara.

Selain itu juga terdapat beberapa makanan ringan lainnya seperti telur ayam rebus hingga telur itik yang direbus. Makanan ringan tersebut memang menjadi menu utama ketika berkunjung ke Pulau Samosir. Semua makanan yang terdapat di warung ini tentu saja tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pemandian Air Panas Aek Rangat, Anda dapat mengambil rute dari daerah Pangururan dengan jarak sekitar 4 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam, dengan jalur yang berliku-liku dan di beberapa bagiannya terlihat menanjak di Kota Medan.