Flu merupakan infeksi yang menyerang alat pernapasan seperti paru-paru, tenggorokan serta hidung. Sakit flu dapat dengan mudah menular dengan beragam cara, mulai dari berbagi minum atau alat makan, kontak langsung serta bersin. Untuk mengatasi infeksi ini, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sederet manfaat yang dimiliki air putih membuatnya mampu membantu pengobatan penyakit ini. Konsumsi hingga delapan gelas air putih akan menjaga tenggorokan supaya bersih dari kuman penyebab flu. Selain air putih, konsumsi pula minuman hangat seperti teh atau air putih hangat. Ini karena air hangat akan membantu mencegah dehidrasi serta mengurangi hidung yang mampet.

Sakit flu bisa diatasi pula dengan istirahat secara total. Ini penting agar sistem kekebalan dalam tubuh bisa kembali seperti sebelumnya. Makanan yang bagus untuk dikonsumsi selama flu antara lain adaha buah serta sayuran. Ini karena kekebalan tubuh sedang dalam kondisi lemah sehingga butuh adanya asupan mineral dan vitamin yang penting guna mengembalikan kondisi kesehatan tubuh. Kemudian, gunakan pula aroma dari bawang, seperti bawang putih, bawang merah ataupun daun bawang. Pegang bawang di bagian bawah hidung lalu hirup aromanya kira-kira lima menit. Cara selanjutnya ialah menggunakan terapi uap. Taruh air panas dalam baskom dan gunakan handuk untuk menutup kepala, lalu tempatkan wajah di atas baskom.

Flu juga bisa diatasi dengan berkumur karena mampu membersihkan mulut dari bakteri jahat. Berkumurlah menggunakan air hangat yang telah dicampur kunyit, jahe, cuka apel dan garam untuk hasil maksimal. Konsumsi makanan pedas yang mengandung cabai terbukti secara efektif mampu membersihkan area rongga hidung. Saat sedang flu, usahakan untuk selalu mandi dengan menggunakan air hangat dan bukan air dingi. Ini dilakukan guna menjaga suhu tubuh agar selalu hangat. Mandilah dengan menggunakan sabun anti bakteri yang telah teruji klinis agar tubuh tak hanya bersih namun juga sehat. Salah satu produk sabun dengan anti bakteri adalah sabun Lifebuoy sehingga mampu meminimalisir resiko terkena sakit flu.

Document Terkait : http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/kenali-perbedaan-flu-dan-pilek