Bersenang-senang di saat sudah sampai di tempat liburan kadang membuat Anda bisa lupa diri. Baik itu lupa waktu, situasi sekitar, atau yang lebih parah, lupa dengan kondisi keuangan Anda. Ketika Anda bepergian, mengatur keuangan agar tetap cukup sampai Anda bisa kembali lagi adalah hal yang mutlak dan tak bisa ditolerir lagi. Tapi celakanya, karena tergoda dengan barang-barang dan petualangan saat liburan, situasi finansial jadi terabaikan.

Menghabiskan uang di saat liburan adalah hal yang wajar, karena namanya saja Anda berlibur. Tapi ketika Anda kehabisan uang di saat berlibur, ini yang bisa Anda lakukan di saat darurat:

1. Minta kiriman

Jangan malu untuk minta kiriman dari orang tua, teman, pacar, atau siapa saja yang dekat dengan Anda. Daripada Anda terdampar? Minta mereka transfer via ATM.

2. Pinjam ke orang lokal

Anda bisa meminjam dari sesama traveler atau dari pemandu maupun orang hotel yang Anda percaya. Mintalah nomor telepon, catat alamat mereka, dll. sehingga orang percaya Anda akan mengembalikan.

3. Cari kerja sambilan

Kalau terdesak, carilah tempat atau orang yang membutuhkan pekerja satu hari. Anda bisa mendapatkan uang yang cukup untuk transportasi.

4. Jual barang

Coba lihat, apa barang berharga yang Anda bawa? Kalau ada, bawa saja ke pegadaian untuk dijual.

Ingatlah, mencegah lebih baik daripada menyembuhkan. Masalah keuangan juga lebih baik Anda cegah dengan:

  • Buat anggaran perjalanan hari per hari sehingga jumlah yang dihabiskan bisa diperkirakan.
  • Pilih transportasi yang murah, namun masih nyaman dan aman.
  • Pesan hotel dari jauh-jauh hari sehingga Anda mendapatkan diskon.
  • Buat agenda yang masuk akal dan ikuti sehingga Anda tak kehabisan uang sebelumnya.
  • Cadangkan sebagian dana untuk membeli oleh-oleh maupun untuk transportasi pulang.

Ketika masalah keuangan sudah selesai, maka Anda pun bisa menikmati liburan dengan lebih tenang, tanpa takut kehabisan uang di tengah perjalanan. Catat semua pengeluaran Anda di hari itu, dan hitung sisa uang yang masih ada. Hitung-hitunglah kira-kira cukup atau tidak untuk berlangsung sampai akhir liburan. Baru di hari akhir, Anda bisa bersenang-senang.