Biang keringat merupakan salah satu masalah kulit yang tak jarang dialami oleh bayi. Seperti yang diketahui juga bahwa kulit si kecil masih sangat sensitif sehingga cukup rentan mengalami masalah seperti biang keringat salah satunya. Lalu, apa sebetulnya yang menjadi penyebab biang keringat pada bayi? Kiranya menjadi sebuah hal yang penting untuk ibu maupun ayah mengetahui penyebab-penyebab dari si kecil dapat mengalami biang keringat supaya ibu dan ayah pun bisa mengupayakan untuk menjauhkan penyebab-penyebab tersebut.

Faktor Penyebab Biang Keringat Pada Bayi

Nah, simak berikut ini adalah hal-hal yang jadi faktor penyebab si kecil mengalami biang keringat :

  1. Saluran kelenjar keringat pada kulit bayi masih belum matang, alias masih dalam tahap perkembangan awal. Hal ini menjadikan kulit si kecil pun rentan pada keringat.
  2. Bayi yang terlalu banyak beraktivitas. Ini juga dapat menjadi penyebab biang keringat pada bayi. Berkaitan dengan penyebab di nomor satu, badan si kecil yang berkeringat terlalu banyak dapat memicu biang keringat untuk datang. Nah, aktivitas yang terlalu banyak pastinya juga memicu bayi semakin berkeringat sehingga resiko bayi mengalami keringat juga semakin besar. Solusi terbaiknya adalah ibu perlu untuk mengatur aktivitas si kecil, kapan waktunya untuk beristirahat, tidur, dan kapan waktunya untuk bangun, bermain-main bersama ibu.
  3. Jenis pakaian pun dapat menjadi pemicu terjadinya biang keringat pada si kecil. Beberapa kain memang tidak cocok untuk satu cuaca seperti panas misalnya. Cuaca panas identik dengan gerah dan berkeringat. Nah, apabila pakaian yang digunakan bayi ibu adalah pakaian dengan jenis kain yang sulit menyerap keringat, hal ini pun tentu membuat keringat si kecil semakin banyak sehingga juga kemungkinan si kecil mengalami biang keringat semakin besar.
  4. Bayi dalam kondisi demam dan terus menerus hanya tidur di tempat tidur juga dapat memicu timbulnya biang keringat. Maka dari itu, dalam hal ini yang perlu diperhatikan oleh ibu adalah, apabila si kecil sedang demam, ibu perlu mengusap dengan handuk dan air hangat tubuh si kecil.
  5. Krim bedak serta bayi juga bisa menjadi penyebab biang keringat pada bayi. Beberapa produk bayi yang digunakan dengan metode yang kurang tepat bisa membuat pori-pori bayi tersumbat sehingga merangsang biang keringat.

Setelah mengetahui berbagai penyebab biang keringat pada si kecil, kini sudah saatnya ibu melakukan pencegahan agar biang keringat tidak menyerang sang buah hati tercinta. Salah satunya adalah pastikan pilih produk perawatan yang aman dan ampuh untuk menangani biang keringat seperti Zwitsal Baby Powder Extra Care with Zinc yang dapat membuat kulit sensitif pada si kecil semakin halus.