Mempunyai dapur yang minimalis di rumah bukanlah sebuah masalah yang berarti. Anda tetap bisa membuat dapur dipakai secara efektif layaknya dapur yang berukuran luas dengan cara penataan berabagai perlengkapan dapur secara tepat tentunya. Kemudian juga tidak ketinggalan untuk selalu dilakukan perawatan dengan membersihkan dapur secara berkala. Karena dapur minimalis yang kotor jelas seakin menambah kesan sempit dan tidak terawat sehingga pastinya aktivitas di dapur seperti memasak, mencuci piring pun tidak efektif. Tidak selamanya ruangan besar diperlukan untuk menjadikan dapur berfungsi secara efektif. Menata dapur minimalis secara baik sudah bisa mewujudkan fungsi dapur yang efektif serta tentu membuat aktivitas di dapur pun lebih nyaman. Nah, berikut ini ada tips menata dapur yang minimalis untuk mensiasatinya agar dapat berfungsi secara optimal :

  1. Temukan tempat untuk menyimpan berbagai perabotan di dapur anda. Kerapian merupakan hal utama yang harus selalu diperhatikan untuk membuat dapur minimalis menjadi lebih lega dan berfungsi secara efisien.
  2. Tak ada salahnya melakukan perubahan penataan di dapur anda dari yang semula jika pada kenyataannya penataan yang semula hanya membuat dapur minimalis anda terkesan semakin sempit. Salah satu contohnya anda bisa menata dapur minimalis dengan melepas pintu lemari di dapur dan membiarkan isinya terlihat. Atau menggantinya dengan pintu kaca maupun mengganti dengan lemari kaca. Karena ini dapat memberikan kesan ilusi ruangan yang lebih luas.
  3. Hadikan kohesi untuk menyuguhkan ilusi ruangan lebih luas lainnya. Selain menyeting lemari kaca, anda juga bisa mengandalkan penggunaan cat dinding di dapur. Anda bisa sesuaikan warna dinding dengan warna perobatan dapur yang dominan. Misalkan warna perabotan didominasi oleh warna putih, maka disarankan dinding juga bewarna putih ataupun warna terang lainnya yang hampir menyerupai. Ini akan memberikan kesan perabotan dapur seperti hilang dan area dapur terasa lebih luas.
  4. Sesuaikan ukuran maupun jumlah perbotan dapur dengan luas dari dapur minimalis anda. Jangan selalu menuruti untuk mengkoleksi berbagai kitchen set yang pada kenyataannya tidak terlalu anda perlukan. Atau anda juga bisa menata dapur minimalis dengan cara menyimpan perabotan dapur yang jarang dipakai ke tempat yang jangkauannya lebih jauh dari dapur sehingga tidak meramaikan dapur. Contohnya, anda memiliki piring 5 lusin, sementara di rumah hanya ada 4 orang saja. Kiranya 1 sampai dengan 2 lusin piring saja cukup untuk anda tata di rak piring dan sisanya anda simpan di tempat yang jangkauannya lebih jauh dari area dapur.
  5. Berikan pencahayaan yang cukup pada dapur. Usahakan dapur punya fentilasi udara yang cukup untuk membuat dapur minimalis tetap sejuk dan tidak pengap.

Nah, jika menata dapur minimalis sudah bisa dilakukan dengan baik, jangan lupakan juga untuk selalu menjaga kebersihan dapur kecil anda. Salah satunya adalah tidak membiasakan untuk menumpuk cucian piring di wastafel tempat pencuci piring. Segera cuci piring saat setelah digunakan. Untuk hasil cucian piring yang maksimal, anda bisa gunakan Sunlight Jeruk Nipis 100 yang dapat mengangkat noda maupun lemak membandel di piring bekas makanan berminyak.